Tuesday 23 June 2015

Ada 10 Ciri Pemimpin Berkualitas Dalam Berbisnis

Pemimpin berkualitas
10 Ciri Pemimpin Berkualitas Dalam Berbisnis - Apakah anda seorang pemimpin dalam sebuah bisnis? Kalau iya coba anda introspeksi diri dahulu, apakah sudah menjadi seorang pemimpin yang benar, baik, dan berkualias. Pemimpin sendiri memiliki arti seseorang yang menggunakan kemampuannya, sikapnya, nalurinya, dan ciri-ciri kepribadiannya yang mampu menciptakan suatu keadaan dipimpinnya dapat saling bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditargetkan
. Pemimpin dalam sebuah bisnis juga harus memiliki beberapa ciri yang berkualitaas agar bisnis yang dipimpinnya bergerak semakin maju. Maka dari itu ada Rahasia Sukses Membangun Bisnis Sendiri salah satunya adalah yang sebentar lagi kita akan bahas.

  Pemimpin yang berkualitas dalam bidang bisnisnya akan sangat berdampak positif, bukan hanya pada bisnis namun bisa menjalar ke teman, bawahan, keluarga sampai masyarakat luas. Namun kebanyakan para leader business belum mengetahui apakah diri mereka sudah berkualitas atau belum, maka dari itu saya memberikan 10 Ciri Pemimpin Berkualitas Dalam Berbisnis.


Jujur

  Sifat ini begitu penting, sehebat apapun strategi anda dalam berbisnis jika tidak disertakan dengan sifat jujur kepada semua orang tentu akan jatuh juga kedepannya. Kejujuran akan membawa kita pada terjadinya rasa saling percaya, cinta, dan rasa hormat baik untuk karyawan, rekan, sampai pada tingkat konsumen.

  Seorang Businessperson dalam mencari rekan bisnis yang pertama kali di cari apakah dia itu bisa dipercaya dalam menjalin kerja sama. Konsumen dan investor juga tidak mau kalah, mereka tidak mau memberikan uang mereka kepada pebisnis yang tidak bisa dianggap orang yang jujur, pastinya karena takut dibohongi ataupun ditipu. Membangun kejujuran antara aryawan dengan pemimpin juga harus sangat di perhatikan betul, dengan tidak adanya yang disembunyikan tentunya yang berkaitan dengan pekerjaan dan bisnis, maka bisa dipastikan bisnis tersebut akan lancar dan terus berkembang ke arah yang baik.


Penyayang dan Baik Hati

  Jadilah orang yang penyayang ke semua orang, dengan menjadi penyayang orang disekitar anda akan berbalik menyayangi anda. Dalam dunia bisnis sifat penyayang juga penting, dengan begitu baik karyawan maupun rekan bisnis akan nyaman bekerja dengan anda. Penyayang tidak harus anda melakukannya secara terlihat oleh mata. Sebagai pemimpin penyayang bisa kamu tunjukan dari cara bertingkah laku misalnya dengan memberikan senyum balik jika ada yang memberikan anda senyuman, dan dari dalam misalnya jika seorang karyawan sakit dan meminta untuk izin pulang maka anda bisa memberikannya izin walaupun cuman sehari, maka karyawan yang sakit itu akan berpikir kalau pemimpinnya itu baik hati karena mengerti kondisinya yang tidak memungkinkan untuk bekerja pada hari itu.

  Namun sifat penyayang dan baik hati harus dikontrol, jangan sampai anda dimanfaatkan karena sifat ini. Jadi pintar-pintarnya anda mengeluarkan sifat yang baik ini kepada orang lain.


Tegas

  Bisnis yang hebat tentu dikelola dan dipimpin oleh orang yang hebat pula. Seorang pemimpin akan hebat jika memiliki kemimpinan yang tegas, tidak mudah untuk digoyahkan dalam hal pendirian dan keputusan. Jika semua orang menentang anda dalam mengambil keputusan, maka jangan menurut dan goyah begitu saja, anda harus tegas jika itu baik maka bilang iya dan katakan tidak kalau itu merugikan.

  Tegas dan tetap dengan pendirian membuat orang-orang disekitar anda berpikir ulang dalam mematahkan pendirian anda. Dengan begitu orang-orang anda akan resepect atau menghargai anda sebagai pemimpin. Bahkan anda akan menjadi seorang panutan yang hebat dimata mereka.


Komunikasi yang Hebat
Komunikasi yang Hebat
 
  Sepertinya komunikasi yang paling penting karena sering dibahas dalam menjadi pemimpin yang baik dan berkualitas dalam sebuah bisnis. Memang dalam menjalankan bisnis anda harus melatih caranya berkomunikasi dengan orang lain. Namun berkomunikasi bukan hanya tentang cara berbicara yang baik dan jelas kepada orang lain, cara berdebat, body language atau bahasa tubuh, ekspresi wajah juga menjadi media komunikasi dan masih banyak lagi jadi faktor komunikasi sangatlah luas ruang lingkupnya tidak terbatas dalam cara berbicara satu dengan yang lain.

  Jadi sering-seringlah berlatih dalam hal komunikasi semakin baik anda berkomunikasi dengan orang lain maka makin banyak yang menyukai anda. Komunikasi yang baik juga menghindari dari kesalah pahaman yang akan merugikan anda jika terjadi.


Komitmen

  Komitmen dari seorang pemimpin harus tinggi sudah menjadi barang wajib apabila dia orang yang memegang kendali dalam sebuah bisnis. Komitmen bukan hanya tentang memberikan janji kepada orang lain tapi komitmen lebih mengarah ke sesuatu yang harus diwujudkan. Seperti komitmen untuk terus memperbaiki diri berarti anda harus mewujudkan diri anda menjadi orang yang lebih baik dibanding kemarin. Komitmen untuk bisnis anda yang artinya anda harus mewujudkan bisnis yang besar dan juga sukses. Baca Juga; Buka Bisnis Sukses Anda Dengan Modal Kecil


Cerdik

  Pemimpin bisnis tidak akan menghasilkan keuntungan ataupun profit yang besar jika tidak memiliki kecerdikan dalam mengolah bisnis. Langkah-langkah dalam mengakomodasi sebuah bisnis harus disertai dengan kecerdikan yang bagus, tentu agar anda dapat melihat peluang dari segala sisi yang ada. Jangan juga cerdik dianggap sebagai faktor utama yang dapat mendulang kekayaan, contoh; cerdik juga bisa anda anda lakukan untuk mendatapkan teman atau rekan kerja yang hebat dan tentunya baik, dan yang lebih hebat yaitu cerdik dalam memecahkan masalah yang rumit. Maka dari itu jadilah orang yang berwatak cerdik baik di masyarakat maupun dalam bisnis anda.


Kreatif

Sifat kreatif
 
 
  Memanfaatkan bisnis hanya untuk satu jalur usaha sangatlah tidak kreatif dalam mengelolanya. Anda harus kreatif dalam menyebarluaskan bisnis anda jangan hanya terfokus pada satu ruang lingkup saja. Kita contoh saja google, google yang mulanya hanyalah penyedia search engine atau mesin pencari kini merambah ke dunia internet yang nama produknya adalah google fiber, dan juga google glass yang booming.

  Menyediakan ruang kerja yang unik bagi para karyawan juga merupakan kegiatan yang berlandaskan pada konsep kekreatifitas, untuk mendatangkan ide kreatif anda bisa melakukan kegiatan seperti membaca novel, berjalan-jalan ditaman atau berlibur ke daerah-daerah, mungkin anda akan mendapatkan ide kreatif karena biasanya ide kreatif datang dengan sendirinya jika kita melakukan hal yang jarang kita lakukan.


Positive thingking atau berpikir positif

  Kegagalan dalam berbisnis seperti rugi, kehilangan konsumen bahkan sampai bangkrut tidak bisa kita pastikan kapan datangnya, namun jika kegagalan itu datang berpikir positif saja mungkin ada baiknya itu terjadi atau ada pembelajaran yang anda dapat dari situ. Mungkin bagi orang  yang mengalami kegagalan dan  disuruh berpikir positif langsung dibilang gila.

  Namun jika anda ingin menjadi pemimpin yang hebat dan berkualitas maka sifat ini harus atau wajib ada pada setiap leader business, bukan hanya pemimpin kalau bisa seluruh ruang lingkup masyarakat.


Memiliki Rasa Humor

Pemimpin yang tegas sangatlah bagus karena membagun rasa hormat, tapi jika seorang leader memiliki rasa humor yang baik dia mudah mendapatkan rasa kepercayaan dari orang lain. Jangan ditanya kehebatan rasa kepercayaan itu, orang lain bisa membantu kita saat mengalami kesulitan karena dasar kepercayaan. Dalam mengekspresikan rasa humor anda harus tahu waktu dan tempat yang tepat, misalnya kala waktu senggang dan liburan anda bisa mengeluarkan trik-trik humor anda dengan leluasa. Tapi jangan sampai humor yang anda berikan menyakiti perasaan orang lain. Dengan memiliki rasa humor anda juga dianggap menikmati apa yang anda kerjakan saat ini.

Tidak Malas

  Tidak ada pemimpin bisnis yang berkualitas dan hebat mempunyai sifat malas. Malas identik dengan membuang waktu dengan percuma, dan yang kita tahu sendiri cukup banyak pebisnis yang mengatakan waktu adalah uang, kalau anda bermalas-malasan maka rugilah waktu anda. Orang-orang yang sukses tidak bermalas-malasan contohnya saja  Jiro Ono baca selengkapnya; Jiro Ono Keberhasilan Dari Konsistensi

  Pemimpin yang hebat dan berkualitas adalah orang yang bisa menumbuhkan dan menurunkan leader yang lebih hebat dari pada dirinya. Itulah yang bisa saya berikan dari jutaan ciri pemimpin berkualitas dalam berbisnis, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menjadi pemimpin dalam sebuah bisnis.

3 comments:

  1. setuju gan. jokowi orangnya :D

    ReplyDelete
  2. pemimpin tempat kerja ane salah nya gak seperti itu gan
    ada solusinya gak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih baca artikel ini bro, bilang salamnya bang malik yaa :D

      Delete

Followers