Tuesday 26 May 2015

Cara Optimasi SEO On Page Untuk Blog Muda

Cara Optimasi SEO On Page Untuk Blog

  Cara optimasi SEO on page atau cara optimasi artikel sangat banyak dicari oleh para blogger yang baru menjajaki dunia blog. Mereka mencari berharap dengan membaca informasi tersebut blog mereka bisa bersaing dengan blog yang lain, sayangnya banyak yang tidak berhasil.

  Ingat sekali saat pertama kali membuat blog karena tidak tahu apa-apa, saya langsung membeli buku yang berhubungan dengan SEO walaupun agak mahal curhat dikit ndak papa kan :D . Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan beberapa trik yang sudah saya pelajari dalam hal Cara Optimasi SEO On Page.

1. Pemberian Judul


  Judul yang baik dan mudah dimengerti pada sebuah blog akan memberikan nilai positif pada SEO on page. Keunikan judul juga bisa menjadi faktor pendorong pembaca agar mengklik blog kita.

  Contoh saya pernah memposting artikel tentang cara membuat tahu isi, dengan kata kunci tahu isi saya membuat artikelnya dengan nama Resep RAHASIA Buat Tahu Isi Paling Enak  dengan penambahan kata "rahasia" dan ditulis dengan capslock atau huruf besar, artikel ini bisa bersaing dan masuk 10 besar di google walaupun tidak sampai urutan pertama. Selain kalah bersaing dengan para master SEO lainnya, juga karena waktu itu juga saya kurang dalam mengoptimasi keyword saya.

 Dan kata para master SEO yang jago dalam hal optimasi on page kalau membuat judul tidak boleh lebih dari 60 huruf, saya tidak tahu siapa yang membuat aturan ini. Tapi ada juga kok website atau blog yang menggunakan judul diatas 60 huruf dan masuk page one google.


2. URL


  URL juga menjadi faktor agar artikel kita bisa besaing di halaman google. URL sendiri kepanjangan dari Uniform Resource Locator, tugasnya untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL yang relevan dalam arti harus sesuai dengan apa yang di bahas pada artike tersebut. Misalnya kita bahas Cara optimasi SEO on page maka url kita harus ada kata; optimasi, SEO dan on page ini contohnya. http://malikafgani.blogspot.com/2015/05/cara-optimasi-seo-on-page.html


3. KEYWORD


  Penempatan keyword pada blog juga harus tepat, para master SEO yang ahli dalam hal optimasi on page akan menempatkan keyword pada paragraf pertama yang menjadi kunci dan paragraf selanjutnya. Saya berikan contoh, jika artikel membahas tentang kaca mata, maka kamu harus menempatkan kata "kaca mata" pada setiap paragraf artikel. Ini membantu artikel kamu mendapat peringkat di pencarian "kaca mata".

  Namun ada tapinya nih, keyword yang kamu berikan tidak boleh dari 4 persen dari seluruh kalimat artikel, jika kebanyakan artikel kalian terlalu over SEO dan ujung-ujungnya artikel blog kalian dianggap spam. Untuk berjaga-jaga agar tidak dianggap over dalam optimasi on page, cara mudahnya kamu pergi ke web wordcount.net dan paste isi artikel kamu. Kalau masih bingung ini SSnya

Cara Optimasi SEO On Page
Blok lalu copy semua kalimat
 
Kemudian pergi ke wordcounter.com
 

Cara Optimasi SEO On Page
paste pada kotak, seperti contoh diatas
 
Kamu bisa lihat berapa persentasenya pada kotak keyword destiny di word counter
 
Cara Optimasi SEO On Page Untuk Blog
 

4. GAMBAR

 
  Jika kalian menggunakan gambar sebagai bagian dari isi artikel, maka harus menyisipkan alt text pada gambar itu, caranya pada saat masukkan gambar, klik gambar itu kemudian propertis kemudian isikan kata pada bagian alt text tentunya beraitan dengan artikel tersebut. Jika tidak menggunakan alt text pada gambar, akan berdampak pada optimasi SEO on page kalian.
 
  Sebagai informasi, saya menyisipkan alt text pada semua gambar diatas.
 
 

5. LINK

 
  Faktor lain yang meningkatkan optimasi SEO on page yaitu dengan menambahkan link internal pada artikel. Tata caranya juga harus diperhatikan jangan gunakan link KLIK DISINI usahakan menggunakan judul artikel atau anchor text yang bersangkutan. Pengunjung blog merasa diperintah dan biasanya ogah untuk mengunjungi link tersebut jika link bertuliskan KLIK DISINI ditambah font besar dan warna yang menyala.
 
 

6. META DESCRIPTION

 
  Meta decription sama dengan deskripsi penelusuran. Bagi yang baru belajar tentang optimasi SEO Meta Description bisa dibilang sangat penting karena menjelaskan sedikit tentang isi artikel yang dibuat.
 
  Seseorang yang sudah hebat dalam mengoptimasi SEO on page akan membuat Meta Description artikelnya dengan kalimat yang unik dan mengundang tanya bagi pembaca. Jadi kalau bisa buat semenarik mungkin dalam membuat deskripsi penelusuran atau meta deskription.
 
  Sepertinya hanya segitu cara yang saya bisa bagikan dalam mengotimasi SEO on page, mohon maaf jika artikel ini tidak sempurna bagi anda karena memang dasar manusia yang tidak sempurna. Kalau misalnya tidak berhasil jangan putus asa ditengah jalan tetap berusaha, berpikir positif, dan tentunya belajar terus pasti ada hasil yang kita dapat dari kerja keras yang kita lakukan :D :D.

17 comments:

  1. apaan nih?? postingan kgk bermutu... tulisannya kgk jelas susah banget bacanya apalagi kalau yg baca kakek" pasti susah nih bacanya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. woy, lu smbarangan ajah pake comeng ga jelas ke blog oni, lu ajah mungkin yang kgk ngerti prinsiv tata caranya -_-

      Delete
  2. mantap caranya gan , siap di praktekan

    ReplyDelete
  3. wahhh, saya juga sering gan melaukan seperti ini, ini memang bener gan cara optimasi seo on page, tapi sebenrnya gan masih banyak, cuman ini mah baru ya lumayan gan, tambahin lagi dong gan :D :D


    Salam daris saya arief.
    BLOGGER BANDUNG

    ReplyDelete
  4. nice post sob :)
    Kunbalnya yo :)

    ReplyDelete
  5. wahh mantep nih broo artikelnya,, mumpung saya lagi belajar seo onpage,, semoga artkel ini dapat membantu sya.. thx ya broo..sngt bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Bagus Gan Saya Juga Masih Belajar Nih
    Thanks Info Nya

    ReplyDelete
  7. sabar gan.. ente heba uda berusaha untu share ilmu ke banyak orang. tapi ada yg ngehujat , biarin aja gan.. itung2 pahala buat ente. ngomong2 artikelnya bagus ga ada wordcounter nya juga ane baru tau itu bisa bant kita buat artikel seo :D

    ReplyDelete
  8. waahh bagus banget nih,, bisa diterapkan untuk optimasi seo nih,, jarang2 ada yang mau ngeshare ilmu seo :)

    ReplyDelete
  9. wah makasi ilmunya bisa dipake nih :D makasi yo!

    ReplyDelete
  10. ternyata tidak sulit ya mas, terima kasih , bisa ane praktekin langsung

    ReplyDelete
  11. wah semakin tahu ane tentang seo >.< thanks ya gan nice share info

    ReplyDelete
  12. Ternyata begitu tekniknya mas. Semakin luas saja tentang ilmu SEO. Nice share mas.

    ReplyDelete
  13. nice article gan... buat tambah tambah ilmu

    ReplyDelete

Followers