Saturday 4 July 2015

7 Komitmen Sukses Untuk Berbisnis

Komitmen dalam sebuah bisnis tidak bisa dianggap sebelah mata oleh para pebisnis, komitmen memiliki nilai yang sangat bagus dan baik dimata para konsumen maupun orang sekitar kita. Jika anda belum tahu apa itu komitmen maka saya akan menjelaskannya kali ini. Komitmen dalam Wikipedia mengarah kenamanya perjanjian dan kontrak, namun menurut saya komitmen adalah perbuatan yang dilakukan untuk melunasi janji yang sudah disepakati. Komitmen bukanlah persoalan tentang lunas-melunasi saja tapi bisa juga ke persoalan kebiasaan dan tingkah laku.

Quotes Komitmen



Komitmen juga sering kali orang-orang pikir yang berhubungan dengan yang namanya pernikahan maupun hubungan antara pria dan wanita. Namun dalam hal berbisnis komitmen sangat berbeda dan dibagi menjadi 7 bagian yang berbeda-beda pada cara pengaplikasiannya dan manfaatnya, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya.


Komitmen untuk nilai

Dalam bekerja dengan sekuat tenaga anda telah meningkatkan nilai anda dimata orang-orang. Inilah komitmen yang minimal anda harus punya dalam bekerja, jangan sekali-kali anda menurunkan tingkat kerja keras anda apalagi pada saat baru mulai menjajaki karir maupun memulai sebuah bisnis. Bangun dahulu nilai anda dimata orang lain, setelah nilai anda terlihat dan sudah mencapai puncaknya barulah anda mulai menjaga nilai diri anda, disinilah waktu anda baru bisa sedikit beristirahat.


Komitmen untuk tujuan

Tujuan pasti ada dalam menjalankan suatu bisnis, entah tujuan untuk mengenalkan nama anda dalam dunia bisnis atau membuat anda menjadi diri yang kaya raya terdengar sedikit asal jeplak tapi memang itu kenyataan karena tidak sedikit pebisnis yang mempunyai tujuan seperti itu. Banyak yang ingin mencapi tujuan yang dinginkan tapi biasanya gagal, inilah tujuan digunakannya komitmen. Tujuan tidak akan didapatkan kalau anda tidak bekerja keras dan memikirkannya setiap saat.

Tujuan atau goal tidak akan pernah bisa didapatkan kalau anda tidak bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya, jadi komitmen dalam tujuan akan terlihat dari kesungguhan anda untuk mendapatkannya. Baca Juga; Ciri Pemimpin Bisnis Berkualitas


Komitmen dalam beraksi

Setelah tujuan ada sekarang waktunya untuk beraksi dalam mewujudkannya. Tanpa adanya tindakan atau aksi yang jelas anda tidak akan bisa mendapatkan tujuan yang anda inginkan. Jadi mulai sekarang berkomitmenlah kepada diri sendiri bahwa anda ingin mendapatkan apa yang anda inginkan dengan aksi dan tindakan yang tepat.


Komitmen untuk terus memperbaiki diri

Berbisnis bukanlah hal yang lancar seperti air mengalir adakalnya anda mendapat kesulitan dalam menjalankannya. Kesulitan akan hadir jika anda tidak memperbaiki diri sebaik mungkin, ketidak siapan dalam menghadapi masalah atau kesulitan juga merupakan bahwa anda tidak memperbaiki
diri. Jadilah orang yang lebih baik dibanding dengan yang kemarin.


Komitmen kepada bisnis anda

Sebuah komitmen bukan hanya terbatas pada diri anda dan orang lain saja tapi bisa menjalar bisnis anda juga bisa anda buat komitmen. Tentu komitmen yang anda buat berbeda, berkomitmen dalam bisnis yaitu apa yang sudah anda berikan kepada perusahaan, apakah itu sudah yang terbaik dan maksimal yang kamu berikan? itulah komitmen yang anda bisa bangun antara anda dengan bisnis yang anda kerjakan. Jangan lihat keuntungan dahulu keuntungan akan ngikut kalau anda telah berhasil memberikan yang terbaik dan yang paling maksimal. Baca Juga; Rahasia Sukses Membangun Bisnis Sendiri


Komitmen kepada tim

Sebuah bisnis tidak bisa berjalan dengan baik jika hanya dikelola oleh satu orang saja, maka dari itu dibuatlah tim untuk mengelolanya. Dibuatnya sebuah tim bertujuan memudahkan semua pekerjaan, tapi percuma jika tim tersebut tidak memiliki sebuah komitmen dalam bekerja sama menyelsaikan pekerjaan, maka akan hal itu sia-sia saja. Buatlah komitmen yang baik dengan tim anda misalnya; bahwa pekerjaan harus terselesaikan sampai batas waktu yang telah disetujui. Itu hanyalah satu contoh kecil, mungkin akan berbeda jika anda memiliki situasi yang berbeda.

Berkomitmen dengan tim anda akan terlihat lebih memiliki wibawa dan wewenang dimata mereka yang akan membuat anda mendapat respect dari mereka.


Komitmen kepada konsumen

Selain dengan tim anda kosumen juga tidak kalah penting, karena tanpa konsumen tidak ada bisnis yang bisa anda kerjakan. Mulailah dengan hal kecil seperti menepati janji yang sudah anda dan konsumen buat, selalu tepat waktu dan jelas saat berkomunikasi. Murah senyum juga merupakan komitmen untuk membuat hubungan anda dengan konsumen tidak terlalu kaku.

Buatlah konsumen merasa puas dan nyaman berbisnis dengan anda, ini karena bisnis yang sukses merupakan bisnis yang dapat membuat konsumen merasa puas.


Dalam berbisnis ternyata banyak sekali aspek yang harus diperhatikan terutama yang namanya komitmen. Komitmen sendiri terbagi-bagi dan berbeda-beda satu dengan yang lainnya, dan akan berdampak pada bisnis yang akan kita jalankan. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

1 comment:

Followers