Saturday 20 June 2015

Jiro Ono Keberhasilan Dari Konsistensi

Keberhasilan Dari Konsistensi
Apakah anda penggemar tokoh atau orang yang sukses? jika ya kalian pasti tahu dengan Jiro Ono, orang yang memiliki restauran Jiro Sushi dan pemegang teguh konsistensi. Jika tidak tahu berarti kalian kurang satu idola dari salah satu orang dan tokoh sukses yang ada didunia.

  Kenapa kali ini saya mengangkat tentang seseorang yang Jiro Ono? Tak lain karena orang ini memiliki kelebihan yang jarang sekali orang lain miliki yaitu konsistensi dalam membangun sebuah usaha. Sebenarnya Jiro Ono adalah orang yang paling terkenal di negara jepang sana dan bisnis yang ia geluti adalah bisnis kuliner khas jepang yang bernama sushi.

  Nama restauran yang beliau miliki adalah Jiro Sushi yang diambil dari namanya sendiri. Beliau lahir pada tanggal 27 oktober tahun 1925 di Tenryū Ward, perfektur Shizuoka, Japan. Restaurannya sendiri berada Ginza, Chūō, Tokyo, Jepang.

Jiro Sewaktu kecil

  Jiro Ono saat mudanya bisa dibilang menyedihkan, beliau tidak terlalu mengenali orang tuanya dana pada umur 7 tahun ayahnya meninggal. Ayahnya meninggal saat bekerja di tempat perusahaan militer yang berada di Yokohama dan pada umur 9 sembilan tahun Jiro kecil pergi dari rumah dan bekerja. Kemalangnya tidak sampai disitu pada saat menikah

Yamamoto sang penulis makanan jepang mengatakan; "Saat pertama kali pergi ke Jiro saya sangat gugup, bahkan setelah sekian tahun lamanya masih saja gugup" dia menambahkan kalau tempat itu berbeda dengan tempat makan sushi lainnya yang berada di jepang. "Bagaimana bisa makanan yang sangat sederhana atau simpel memiliki cita rasa yang sangat luar biasa" kata seorang master chef yang pernah datang kesana.

  Yamamoto menambahkan; " Seorang chef yang hebat mengikuti lima atribut, pertama mereka bekerja dengan sangat serius dan konsisten dalam tingkat yang sangat tinggi. Kedua selalu berkeinginan meningkatkan skill mereka. Ketiga kebersihan. Keempat memiliki sifat sabar. Yang kelima adalah semangat dan Jiro mempunyai semua atribut yang harus dimiliki seorang chef yang hebat".

  Jiro mengatakan;" Pada suatu hari, orang tua mengatakan kepada anaknya 'kamu bisa kembali ke rumah jika tidak berhasil' ketika orang tua mengatakan hal bodoh seperti itu, si anak akan sengaja menjadi gagal". Tentu pernyataan ini ada betulnya, bagi kaum muda seperti sekarang ini jika diberikan harapan seperti itu mereka akan cendrung menjadi gagal.

  Hasil dari konsistensinya dalam bekerja adalah dia mendapat tiga bintang sempurna michelin untuk restaurannya. Artinya sendiri dari tiga bintang sempurna michelin yaitu orang-orang bisa bisa pergi berlibur ke suatu negara hanya untuk makan di sebuah restoran yang mendapat tiga bintang michelin tersebut. Namun juga ada cerita lucu dari konsistensinya yang sangat tinggi, Jiro Ono yang setiap pergi bekerja pada pukul 5 subuh dan pulang pada pukul 10 malam, dikejutkan ketika anaknya Takashi mengatakan ada orang asing yang tidur dirumahnya

Barrack Obama
  Sifatnya yang Konsisten membawakan hasil Jiro Ono masuk Guinness Book of World Record orang paling tua yang masih bekerja, dan pernah juga Presiden Amerika Barrack Obama makan di restorannya.

  Itulah hasil dari kegigihan dan kosistensi yang tinggi dari seorang Jiro Ono yang melegenda di tanahnya sendiri. Lalu apakah bisa kita seperti beliau? tentu saja bisa jika kita memaksa diri kita untuk melepas segala sifat yang menunda keberhasilan kita dalam berusaha.

0 comments:

Post a Comment

Followers